Pengertian VPS, Shared Hosting dan Dedicated Server (Perbedaan)

Pengertian VPS, Shared Hosting dan Dedicated Server

Website sangat penting di era digital untuk menunjang kredibilitas suatu usaha atau instansi tertentu yang sudah berbasis online, Dari segi manfaat yang diberikan website kepada pengguna tentu akan membuatnya lebih mudah dengan mengakses situs tersebut. akan tetapi untuk menunjang peforma sebuah website perlu di pertimabangkan supaya tidak menjadi kendala atau down saat diakses oleh pengguna.

Pemilihan server menjadi hal yang penting banyak provider hosting di indonesia yang sudah menyediakan layanan tersebut mulai dari cloud vps murah hingga yang mahal sekalipun bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Semakin besar spesifikasi server yang digunakan untuk menunjang website maka performanya akan semakin bagus.

Apa itu VPS?

Pengertian VPS, Shared Hosting dan Dedicated Server

Mungkin kalian tidak asing dengan istilah tersebut, Yang mana vps merupakan sebuah virtual private server yang resourcenya hanya dibagi beberapa saja dan semua data resource digunakan satu pengguna saja.

Vps bersifat maya sehingga servernya tidak memiliki fisik hanya saja menggunakan hardware secara fisik yang akan dibagikan secara khusus di beberapa resource berbeda.

oleh karena teknologi virtualisasi inilah sehingga satu server fisik dapat dibagi menjadi beberapa server virtual yang di jalan dengan sistem online, hal ini sebenarnya tidak jauh beda dengan shared hosting, nah untuk pengertiannya sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Menaikan Limit GoPay PayLater, Maksimal Limit dan Syarat

Apa itu shared Hosting?

Shared hosting merupakan sebuah server online yang mana hampir sama dapat dijadikan server sebuah web, hanya saja resource yang ada di dalam nya di bagi dengan pengguna lainnya. shared hosting dasarnya adalah sebuah vps yang telah dibagi penyimpanannya, Ram dan Core dari server itu sendiri.

akan tetapi shared hosting pembagiannya diatur oleh pihak provider, untuk banyaknya pengguna hanya penyedia yang tau. Dalam artian apabila setiap pengguna memakai source dengan jumlah yang banyak maka tidak menutup kemungkinan koneksi server ke situs akan melambat, hal ini memang resiko dari penggunaan hosting.

Akan tetapi kalau memang hosting hanya untuk kebutuhan user yang kecil maka tidak ada salahnya memakai shared hosting , di sisi lain lebih hemat biaya dalam penggunaanya juga tidak membutuhkan sebuah keahlian khusus, bisa dibilang cukup mudah untuk di setting.

Apa itu dedicated server?

Dari semua saver online diatas dedicated server memiliki banyak kelebihan dibandingkan tadi resource dan spesifikasinya besar sehingga tidak perlu khawatir akan kekurangan resource atau lambat ketika memakai server web jenis ini.

Tipe server ini kebanyakan dipakai untuk sebuah situs yang sudah memiliki banyak pengunjung setiap harinya yang mencapai ratusan ribu sehingga untuk server yang memiliki spek rendah tidak akan mengatasi, maka dari itu dedicated server bisa di pilih sebagai penyokong situs,

Untuk harganya dengan spesifikasi yang besar tentu membutuhkan biaya yang lumayan juga, namun bila dibandingkan dengan potensi penghasilan situs yang luar bisa, dedicated bisa dijadikan pilihan.

Cara Menentukan Kebutuhan Website

Cara Menentukan Kebutuhan Website

Dalam mengelolah website owner harus paham akan kebutuhan websitenya sendiri dimana kebutuhan ini berhubungan dengan bandwidth, storage dan kekuatan cpu yang dibutuhkan oleh situs yang berjalan, nah berikut sedikit ulasan mengenai hal tersebut.

1. Jumlah Traffic

Yang paling mudah melihat dari jumlah traffic dalam sehari, untuk penghubung yang totalnya 15 ribu dalam sehari untuk penggunaan shared hosting masih kuat, akan tetapi kalau melebihi jumlah tersebut dan situs sudah lemot untuk diakses maka bisa upgrade ke vps, atau shared hosting diatasnya yang dapat menampung beban pengunjung lebih banyak.

2. Kebutuhan Penyimpanan

Berapa banyak kebutuhan penyimpanan yang dibutuhkan dalam website yang mau di building nantinya, apabila memang besar di awal bisa mencari shared hosting dengan jumlah storage yang dibutuhkan, sehingga nantinya mencukupi untuk digunakan dalam kebutuhan website.

3. Kualitas Hosting

Dalam memilih hosting yang berkualitas tentu perlu di pertimbangkan yang mana dengan berjamurnya provider layanan server tentu tidak semua memadai dari segi support, teknologi dan sebagainya, carilah penyedia layanan hosting yang sudah terkenal dan banyak di penggunanya serta gunakan jasa provider hosting yang tahun berdirinya sudah lebih dari 3 tahun.

Salah satu provider hosting yang sudah lama berjalan dan memiliki banyak pengguna yakni niagahoster, Yang mana memiliki layanan support 7×24 jam serta banyak layanan hosting yang dipilih sesuai budget. sekian ulasan gusdurfiles kali ini terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.