Apa Itu Kanker Prostat

Secara medis kanker prostat adalah sel yang tumbuh secara tidak normal dan tidak terkontrol di kelenjar prostat. Adapun kelenjar prostat ini adalah salah satu bagian dari organ reproduksi yang dimiliki oleh pria dimana fungsinya untuk memproduksi cairan yang melindungi serta mengangkut sperma.

Prostat ini sendiri terletak di bawah kandung kemih yang mengelilingi uretra atau saluran kencing di mana ukurannya bervariasi seiring dengan bertambahnya usia. Pada umumnya sel kanker akan muncul pertama kali di sel bagian luar kelenjar prostat di mana pertumbuhannya memang cukup lambat dan tidak berpotensi menyebar. Akan tetapi pada beberapa kasus yang terjadi justru sel kanker ini bisa berkembang dengan cepat dan menjalar ke bagian tubuh lain. Apabila anda mampu mendeteksi secara dini dan masih digolongkan sebagai stadium kanker prostat awal maka peluang keberhasilan pengobatan juga akan lebih besar.

Seberapa seringkah penyakit ini terjadi
Kanker prostat adalah salah satu penyakit kanker yang memang terjadi pada pria dan bisa dikategorikan sebagai salah satu penyebab kematian pada pria yang cukup tinggi. Pada umumnya kanker prostat ini lebih sering ditemukan pada pria berusia lanjut atau sekitar 60 tahun keatas namun meski jarang terjadi penyakit ini pun bisa dialami oleh pria di bawah usia 40 tahun.

Berita baiknya meskipun penyakit ini tergolong cukup serius namun kemungkinan untuk sembuh sangatlah tinggi. Yang penting anda harus bisa mengenal faktor-faktor risiko munculnya penyakit ini agar pengobatan secara dini bisa dilakukan.

Jenis-jenis kanker prostat
Berikut ini beberapa jenis kanker prostat yang yang dikategorikan sesuai tipe sel dimana tempat awal mulanya berkembang. Yang pertama adalah ade no karsinoma asinar itu sel kanker yang berkembang di sel kelenjar yang melapisi prostat. Jenis yang kedua adalah adenokarsinoma duktal yang muncul di sel-sel yang melapisi tabung atau saluran kelenjar prostat. Jenis yang ketiga adalah sel kanker transisional yang terletak di lapisan saluran kencing atau uretra. Adapun jenis kanker ini berawal di kandung kemih dan menyebar ke prostat. Yang keempat adalah sel kanker skuamosa yang berkembang di sel pipi yang meliputi prostat dan yang terakhir adalah sel kanker prostat kecil yang biasanya digolongkan dalam kanker endokrin.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai kanker prostat. Dan untuk mendapatkan artikel terbaru mengenai kesehatan, Anda bisa mengunjungi situs deherba.com sekarang juga.