Ini Alasan Gus Dur Masuk Gereja


Gus Dur semasa hidupnya penuh dengan kontroversi. Semua pasti tahu Gus Dur pernah masuk geraja dan bahkan memberikan sambutan di Gereja. Beberpa kiai di Jawa Timur marah besar dan menuduh Gus Dur sesat dan murtad.

Namun hal itu, tidak bagi KH Marzuki Mustamar. Dalam memperingati Haul Sewindu Gus Dur yang digelar di Musholla PWNU Jatim (30/12) ini, Kiai Marzuki mengatakan Gus Dur sendiri yang menceritakan alasan kenapa Gus Dur masuk Gereja.

"Niatku ke Gereja itu, merawat umat yang tercecer. Seperti cleaning servis, satpam, juru masak di Gereja, mereka itu semuanya beragama Islam," tegas Kiai Marzuki.

Mereka itulah yang harus dirawat. Kalau imannya mereka rusak siapa yang akan bertanggung jawab, maka dari itu Gus Dur masuk Gereja dan memberikan penguatan keimanan mereka yang sedang bekerja di gereja.

Selain itu, Wakil Rais Syuriyah PWNU Jatim ini mengatakan Gus Dur mengupdate ajaran sang kakek, yaitu Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari. Ajaran Kiai Hasyim adalah memperkuat dan membangun ukhuwah islamiyah, wathoniyah dan ukhuwah basyariyah.

"Ajaran itu dikemas oleh Gus Dur menjadi Keislaman, Keindonesiaan dan Kemanusiaan," kata mantan Ketua PCNU Kabupaten Malang ini.

Ketiganya ini harus seimbang. Kalau hanya memperkuat Keislaman saja, mereka bisa jadi imannya kuat tapi negaranya tidak aman. Seperti di Timur Tengah. Banyak imam yang lahir di timur tengah, tapi hingga kini negeranya tidak aman sehingga mereka susah untuk melakukan ibadah kepada Allah.

Menurut Kiai Pengasuh Ponpes Sabilul Rosyad Malang ini, agama dan negara sama-sama penting. agama adalah pendosi, negaralah yang menjaganya. "Maka dari itu, NU yang selalu menjaga keduanya. Setiap kali NU mengadakan acara seperti tahlil, itu sudah memenuhi unsur Keislaman, Keindonesiaan dan Kemanusiaan," pungkasnya. (Rof Maulana/Alhafiz K)

Sumber :nu.or.id

0 Response to "Ini Alasan Gus Dur Masuk Gereja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
loading...