Kyai Ustman Al Ishaqi Diangkat Mursyid Oleh Syekh Abdul Qodir Jailani dan Nabi Khidir


Dikisahkan bahwa kyai Ustman Al Ishaqi selain nyantri di Pesantren Siwalan milik Kyai Khozin, kemudian ke Kyai Munir Madura, dan ke Tebu Ireng dibawah asuhan Hadrotus Syaikh KH. Hasyim Asy'ari. Beliau juga pernah nyantri di pondok Njoso di bawahan asuhan KH. Romly Tamim.

Selama di Rejoso beliau sering bertemu nabi Khidir, lalu hal itu beliau sampaikan ke mbah Romly dan dijawab oleh sang Mursyid tersebut "Lha gak diajak rene wayahe", ucap mbah Romly.

Pada suatu hari pukul 2 malam, kyai Ustman dipanggil ke ndalem oleh mbah Romly untuk dibai'at, namun Ustman muda pun berkata "mboten kuat kyai", dengan penuh gemetar.
"Tapi iki wes kehendak gusti Allah sampeyan dadi mursyid", jawab mbah Romly. .
Setelah itu mbah Romly mengusap tangannya ke kepala kyai Ustman lalu pingsan dan beliau mengalami jadzab. Selama jadzab beliau tidak mau makan, minum ,buang air, dan sholat.

Hingga pada suatu saat, teman kamarnya yang bernama Hasyim berasal dari Bawean dibisiki bahwa jam 8 nanti akan ada banyak tamu berdatangan ke kamar kita, lalu saat para tamu datang setiap tamu menjabat tangan beliau lebih dari lima menit lamanya dan dengan perasaan tertunduk takdzim.
“Mulai hari ini, saya ditetapkan sebagai mursyid langsung oleh Syekh Abdul Qodir Jailani dan Nabiyullah Khidir serta oleh para Masyayikh Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah. Dan sejak sekarang saya di idzinkan utk membai’at,” kata Kyai Utsman sambil menyerahkan sepucuk kertas kepada Hasyim untuk diberikan mbah Romly.

Setelah tiba dihadapan mbah Romly Hasyim pun menyerahkan kertas tersebut dari kyai Ustman, akhirnya setelah membaca kertas tersebut mbah Romly menjawab "Alhamdulillah ono seng ngganteni aku sak wayah-wayah".

Sumber : muslimoderat.net
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Kyai Ustman Al Ishaqi Diangkat Mursyid Oleh Syekh Abdul Qodir Jailani dan Nabi Khidir "

Post a Comment

close
Banner iklan disini