Mbah Wahab dan Mbah Bisri, Berbeda Dalam Dalil dan Bersatu Karena Akhlak

Mbah Bisri Syansuri memang dikenal sebagai orang yang teguh memegang ilmu fiqih yang cenderung berat karena kehati hatian. Lain halnya dengan Mbah Wahab Chasbullah yg memang dikenal sebagai Kiai diplomatis yang cenderung kalem, tapi bukan berarti beliau tidak ahli dan keluar dari fiqih.

    Tak asing lagi khususnya bagi warga Nahdliyyin, bahwa beliau adalah para sesepuh dibalik awal awal berdirinya Nahdlatul Ulama (NU). Mbah Bisri adalah adik ipar dari Mbah Wahab, sekaligus teman seperjuangan waktu belajar di Makkah, tapi keduanya memang sering berbeda pendapat dalam menentukan suatu perkara.

    Pernah dalam suatu majlis musyawarah, dimana untuk memecahkan berbagai macam masalah keagamaan yang juga dihadiri oleh banyak Ulama. Ada suatu masalah yang sangat alot untuk menemukan titik temu permasalahan. Termasuk Mbah Wahab dan Mbah Bisri yg sama-sama saling ngotot adu argumen yang memang sama-sama membawa landasan yang kuat.

    Praktis semua Ulama lain hanya bisa tutup kitab menyaksikan beliau berdua yg memang tergolong sepuh dan saling mumpuni, Mbah Wahab menjabat Rais 'Am NU sementara Mbah Bisri sebagai wakilnya. Keduanya sampai saling menggebrak meja, yang seketika membuat suasana berubah jadi hening dan semakin tegang.


Di tengah ketegangan, bedug pertanda waktu sholat pun berbunyi. Spontan keduanya dengan santai dawuh, "sudah dulu, sudah,,, ayo sholat dulu"

     Keduanya langsung pergi ke sumur tempat wudlu di ikuti Kiai lain, Mbah Wahab mengambilkan air (nimbo jawa) untuk wudlu Mbah Bisri, begitu juga sebaliknya. Keadaan langsung berubah total, seperti tak pernah terjadi apa-apa. Tak ada sedikitpun dari raut wajah keduanya yang menggambarkan kesengitan karena perbedaan yang baru saja terjadi.

    Setibanya iqamah dan untuk selanjutnya sholat berjamaah, sudah menjadi tradisi Kiai NU, keduanya saling dorong untuk lempar menjadi imam sholat.
Mbah Wahab menunjuk Mbah Bisri, "anda yg lebih tua jadi imam sholat"
Mbah Bisri dengan santai menimpal Mbah Wahab "lhooo,, gak bisa, yang punya Masjid situ kok"

Sumber : muslimoderat.net
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Mbah Wahab dan Mbah Bisri, Berbeda Dalam Dalil dan Bersatu Karena Akhlak "

Post a Comment

close
Banner iklan disini