Ini foto Gus Dur dapat salam tempel Rp 5.000 ditertawakan Mega


Gusdurfiles.com ~ Dalam pameran foto Kiai Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjelang Muktamar ke-33 di Jombang, Jawa Timur, ada sebuah foto menggelitik, yakni ketika mantan presiden RI ke empat itu menerima salam tempel dari umat sebesar Rp 5.000. Amplop itu dibuka di depan Megawati Soekarnoputri, dan keduanya nampak tertawa lepas.

Foto hasil jepretan Fotografer Koran Surya, Wahyudi Hari Widodo, itu menjadi salah satu karya yang dipamerkan di Rumah Baca MEP Jombang. Istri mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid hadir yang dalam pameran foto mengaku terkesan dengan foto tersebut.

Diceritakan Widodo, foto itu diambil sekitar tahun 1994, pada zaman Orde Baru. Foto diambil di kawasan Makam Sunan Ampel, Surabaya. Ketika itu, Gus Dur dijadwalkan datang ke makam sunan bersama Megawati. Namun Gus Dur ternyata memberi kabar tidak bisa datang, sehingga cuma Megawati saja yang nampak hadir. Pertemuan tokoh seperti itu pada zaman Soeharto memang bersifat rahasia.

Tapi uniknya ternyata mendadak Gus Dur muncul dari dalam komplek makam pada tengah malam. Dia lalu berjalan dan berhenti di dekat musala Ampel. Gus Dur lalu bertemu dengan umat yang datang berziarah di sana. Setelah bersalaman dengan umat dan mengambil sandal, Gus Dur lalu menerima salam tempel.

Setelah menerima salam tempel, Gus Dur lalu bertemu dengan Megawati. Di situlah momentum lucu itu berhasil dijepret Widodo yang akrab disapa Dodo AW itu. Waktu itu Gus Dur bilang ke Mega begini.

"Mbak saya dapat salam tempel dari umat." Setelah dibuka amplop itu ternyata uang sebesar Rp 5000. "Keduanya lalu tertawa," ujar Dodo AW, Sabtu (01/08)

Tidak mau kelewatan, Dodo lalu menjepret momentum lucu itu. Dodo mendapat foto ekslusif yang kemudian banyak dikutip oleh banyak orang.

Sinta Nuriyah Wahid berharap bukan hanya foto saja yang dipamerkan, tapi semangat Gus Dur untuk bangsa Indonesia pula. Terutama dalam hal keberagaman serta pluralisme. "Semangat Gus Dur harus terus hidup. Semangat keberagaman di Indonesia," kata Sinta.

Dia juga mengatakan, ada beberapa foto yang sangat berkesan dan lebih menyentuh, yakni ketika momentum Gus Dur bertemu dengan Paus di Vatikan. Pun demikian dengan Gus Dur saat bertemu dengan sejumlah Biksu dan Bedande. Foto-foto itu menunjukkan bagaimana Gus Dur dapat diterima semua kalangan dan golongan.

"Foto itu lebih menyentuh. Karena itu saya akan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Atas pemikiran pewarta foto, konseptor atas terselenggaranya momentum ini," katanya.




Sumber :merdeka.com
3 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 Responses to "Ini foto Gus Dur dapat salam tempel Rp 5.000 ditertawakan Mega"

close
Banner iklan disini