Guyonan Gus Dur: Agama 'Khong Guan'


Gusdurfiles.com ~ Humor ini diceritakan Bunshu Bingky Irawan, anggota presidium Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN). Ditemui merdeka.com di Jombang, dia tersenyum ketika berkisah tentang pengalamannya saat bersama-sama dengan Gus Dur di Jakarta.

Pada Orde Baru dulu Bingky kerap menginap di rumah Gus Dur. Dia sering bersembunyi di sana dari kejaran intel pemerintahan Soeharto. Menurut dia, banyak sekali cerita humor dilontarkan Gus Dur kepada dirinya.

Bingky lalu teringat dengan kisah ini. "Ceritanya dulu Gus Dur pergi ke Madura, dapat undangan acara, dan ceramah di depan masyarakat. Saya waktu itu ditinggal sendirian di rumah beliau di Jakarta."

Sepulang dari Madura, Gus Dur bercerita. "Kata beliau, masyarakat Madura sekarang sudah mengakui ada enam agama di Indonesia. Pertama, kata Gus Dur kepada orang Madura, adalah agama, Is? orang-orang yang hadir menjawab serempak, lam..!"

"Kemudian agama kedua, kata Gus Dur, 'agama Kris? orang-orang jawab lagi dengan serempak, tennn..! Ini ada Katolik dan Protestan. Agama keempat agama Bu? dijawab Dhaa..! Kelima Hin? dijawab serempak, Duu..!'"

Nah, giliran agama keenam ini Gus Dur cerita serius. "Kata beliau, orang-orang Madura juga sudah mengakui agama keenam. Agama keenam agama Kong? Dijawab serempak, Guann..!" Mendengar cerita Gus Dur itu Bingky terpingkal-pingkal.

Dia lalu berceletuk kepada Gus Dur. "Ho alah, Gus, sampean iku ya ada-ada saja. Masak Kong Guan dibawa-bawa," ujarnya sambil terkekeh.


Sumber :merdeka.com
2 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 Responses to "Guyonan Gus Dur: Agama 'Khong Guan'"

  1. Gus Dur selalu kaya ide dan gagasan serta guyonan segar

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini