Inilah 3 Kemuliaan Gus Dur, Membuat Orang Tak Henti Menghormati dan Mendoakannya


Gusdurfile ~ Kemusykilan itu akhirnya terjawab saat Mbah Kiai Maimoen Zubair, Pengasuh Pesantren Al-Anwar, Sarang, bertandang di kediaman H. Nasihin, mantan Ketua Lakpesdam NU, di Kebun Jeruk Jakarta di tahun 2012. Mereka berdua berdiskusi yang kemudian menyepakati jawaban atas pertanyaan, “Kenapa Gus Dur meski sudah meninggal tapi masih banyak yang menghormati dan mendoakannya? Bahkan melebihi ayah dan kakeknya.”

Yaitu, karena Gus Dur memiliki 3 kemuliaan berikut:

1. Gus Dur Loman (dermawan)

Ketika orang membutuhkan apa yang dia punya, diberikan, padahal kebutuhannya bukan main untuk keluarga.

2. Gus Dur Gemar bersilaturrahim

Kemana pun pergi, ia selalu berusaha mengunjungi teman yang dekat dengan lokasi tersebut. Gus Dur tidak peduli, pokoknya saat lewat, ada teman, pasti diampiri. Kalau perlu dicari orangnya.

Karena sering berkunjung ke teman-temannya, akhirnya Gus Dur juga banyak menerima tamu di Jakarta. Kalau dibilang zaman sahabat Nabi, Abdurrahman Wahid, banyak tamunya sehingga masak terus, sehingga banyak abunya di rumah.

3. Gus Dur Pemaaf (bukan pendendam)

Orang tidak tahu bahwa Gus Dur pemaaf. Saya banyak kesalahan, tapi dilupakan, asal kemudian kita baik-baik, tapi kalau kita dendam, dia lebih dendam lagi.

Suatu ketika ada Kiai yang menuduh Gus Dur pendukung zionis, Nasihin menuturkan Gus Dur tak melupakan peristiwa itu, tetapi kiai tersebut akhirnya dimaafkan dan malam diberi posisi strategis.



Dan nyata, sekarang kita pun lebih diherankan lagi dengan fenomena Haul Gus Dur yang telah menginjak usia ke-6-nya. Yang terjadi semakin marak saja. Pun semakin banyak yang mengadakan haulnya di segala penjuru. Bukan saja dalam negeri tapi juga di luar negeri. Akal tak mampu menjangkaunya, seberapa fenomenalkah Gus Dur dimata Tuhannya?

Yang pasti, siapapun orangnya yang pernah berinteraksi dengan Gus Dur, baik yang Yahudikah, Nasranikah, hingga yang mengaku tak bertuhan pun semua mengetahui bahwa Gus Dur adalah seorang Muslim (Islam), yang nabinya adalah Nabi Muhammad Saw.

Sumber: NU Online disarikan Oleh Syaroni Asy-Syamsuri/arrahmah.co.id
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Inilah 3 Kemuliaan Gus Dur, Membuat Orang Tak Henti Menghormati dan Mendoakannya"

Post a Comment

close
Banner iklan disini