“Gus Dur itu Mirip Ibnu Arabi, Sering Berkomunikasi dengan Ahli Kubur”


Gusdurfiles.com ~ Upaya meneruskan nilai dan pemikiran presiden keempat RI,KH  Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, tidak pernah berakhir. Salah satu bentuknya meresmikan Griya Gus Dur di Jalan Taman Amir Hamzah Nomor 8, Menteng, Jakarta Pusat yang dilakukan oleh keluarga inti Gus Dur, Minggu 24 Januari 2016.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula diskusi bedah buku “Gus Dur dalam Obrolan Gus Mus” karya KH. Husain Muhammad. Dari diskusi itu terungkap bahwa apa yang dilakukan Gus Dur muncul dari pandangan sufistiknya.

“Gus Dur itu mirip dengan Muhyidin Ibnu Arabi, sering berkomunikasi dengan ahli kubur ketika ziarah” tutur Husain yang disambut tawa para hadirin.

Lebih Lanjut Husin mengatakan ada sisi kesamaan antara Gus Dur dengan Jalaludin Rumi. “Pemikiran Gus Dur merangkum agama-agama, sama seperti Rumi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL) ,Ulil Abshar Abdalla yang menjadi pembicara mewakili Gus Mus berharap agar Griya Gus Dur mampu menjadi rumah pergerakan yang menampung semua golongan.

“Saya berharap Griya Gus Dur bisa menjadi rumah pergerakan bagi semua golongan & mampu menjadi pengayom bagi kelompok minoritas yang tertindas seperti Syiah dan Ahmadiyah” ujarnya.

Diskusi sendiri dihadiri puluhan orang tersebut berlangsung penuh canda tawa. Gus Mus yang semula dikabarkan tidak hadir untuk mengisi diskusi itu, belakangan hadir.

Peresmian Griya Gus Dur dilaksanakan oleh keluarga almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terdiri dari empat putri Gus Dur, Alissa Wahid, Yenny Wahid, Anita Wahid, dan Inayah Wahid, akan menjadi tempat berkumpul bagi generasi pelanjut perjuangan Gus Dur, seperti The Wahid Institute atau Wahid Foundation, Yayasan Bani KH Abdurrahman Wahid, Yayasan Teman Bangkit, dan Positive Movement.





Source: www.satuislam.org
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "“Gus Dur itu Mirip Ibnu Arabi, Sering Berkomunikasi dengan Ahli Kubur”"

Post a Comment

close
Banner iklan disini