Berikut ini 7 Kiai Super Asal Jombang Jawa Timur

Gusdurfiles.Com ~ Kota Santri, itulah julukan yang paling pas untuk kota  Jombang, pusatnya kota ilmu pengetahuan khazanah islam tentunya. Kota Jombang terletak di Jawa Timur. Kota ini memiliki permata indah yang tidak dapat dibeli oleh apapun itu. Di kota ini terlahir pemikiran dan gagasan berlian untuk kemajuan bangsa Indonesia sejak zaman pra kemerdekaan sampai lah sekarang. Berikut adalah 7 tokoh hebat dari kota Santri.


www.majalah-lifestyle.com
KH. M. Hasyim Asy’ari adalah salah satu tokoh kyai asal Jombang. Seorang ulama masyhur di Indonesia bahkan di wilayah Hijaz. Jasa beliau sangatlah besar, mulai dari pembentukan nya Ormas NU hingga fatwa nya tentang resolusi jihad. Tebuireng dan NU adalah sedikit contoh dari buah pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari. Banyak juga karangan-karangan beliau di jadikan bahan penelitian dari berbagai Universitas di Indonesia.
2
KH. A. Wahab Hasbullah


pcnukra.blogspot.com
Mbah Wahab (panggilan KH. A Wahab Hasbullah), seorang ulama yang semangat juangnya dalam mewujudkan kemakmuran bangsa Indoensia pada zaman kemerdekaan perlu di contoh. Semangat tersebut di aplikasikan dalam bentuk aktif dalam berorganisasi. Perjuangan beliau dalam mendirikan organisasi seperti Tashwirul afkar, Nadlatul Wathan, Syubbanul Wathan, hingga Nadathul Ulama mampu membuahkan hasil. Karena pemikiran nya merubah keadaan tradisionalis menjadi masyarakat berilmu terbukti dengan adanya Madrasah di berbagai tempat.

3
KH. Bisri Syansuri



robbul-wali.blogspot.com
KH. Bisri Syansuri adalah sosok kyai tegas dan berkomitmen itulah ciri khas nya. KH. Bisri juga pendiri Ponpes Denanyar Jombang. KH. Bisri sangat tegas dalam menyikapi berbagai macam ragam persoalan tentang fiqh.
4

KH. Romli Tamim



padhepokansantri76.blogspot.com
KH. Romli Tamim adalah sosok seorang ulama yang wejangan nya sangat di tunggu-tunggu masyarakat. Seorang kyai dan juga mursyid Thoriqoh Qodariyah Naqsyabandiyah yang memiliki keunggulan dalam memberikan doktrin-doktrin sufistik untuk menjadi kan manusia sebagai insan kamil (manusia sempurna). Berkat jasa dan ke ikhlasan beliau dalam mengayomi masyarakat menjadikan beliau salah satu dari tiga guru sufi yang ada di Pulau Jawa.

5

KH. A. Wahid Hasyim



mediaummat.co.id
Kyai muda dengan segudang prestasi yang diraih oleh putra pertama dari KH. A Hasyim Asy’ari. Beliau ini juga salah satu perumus kemerdekaan dengan masuknya sebagai anggota Sembilan dan juga PPKI. Ilmu dan Jasa beliau sangatlah banyak untuk ukuran pemuda seumuran nya.

6

KH. Abdurrahman Wahid

ipnudki.or.id
Nah, kalo yang satu ini Beliau adalah salah satu Presiden Indonesia yang Ke-4.  KH. Abdurahman Wahid atau biasa disebut Gus Dur. Seorang putra bangsa yang terbaik lulusan dari pesantren yang mampu menyumbangkan pemikiran-pemikiran hebat dan menjadikan beliau seorang Presiden. Salah satu pemikiran hebatnya adalah mengenai Pluralisme. Gus Dur juga seorang kyai dengan selera humor yang tinggi. Gaya nya yang sederhana dan selera humornya yang tinggi masyarakat Indonesia akan rindu dengan pemimpin yang seperti beliau.

7

Emha Ainun Najib



kabarindiependen.com
Emha Ainun atau biasa dikenal Cak Nun seorang budayawan yang gaya khas dakwah yang ia bawakan. Gaya dakwah yang ia bawakan adalah campuran. Mulai dari seni islami, modern hingga kesenian Jawa yang di kolaborasikan dengan harmonisasi yang indah. Melalui media dakwah seperi itu, beliau mampu menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian sekaligus kebudayaan Jawa yang beliau yakini akan menjadi pusat peradaban dunia.





Sumber: satujam.com 



3 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 Responses to "Berikut ini 7 Kiai Super Asal Jombang Jawa Timur"

close
Banner iklan disini