Abah Anom:" Gus Dur Ditalqin Langsung Oleh Syekh Abdul Qadir Jilany",Ini Ceritanya !!


Gusdurfiles ~ Dikisahkan dalam sebuah lawatan ke Baghdad, Irak, Gus Dur yang memiliki kegemaran berkunjung ke makam-makam ulama dan waliyullah, juga berkunjung ke makam Syekh Abdul Qadir Al-Jailani q.s. Dalam keadaan antara sadar dan tertidur, Gus Dur didatangi Syekh Abdul Qadir Al-Jailani q.s. dan Tuan Syekh mentalqin Gus Dur. Dalam tarekat, talqin bukan sekedar pembelajaran dzikir, tetapi juga merupakan pengakuan seseorang sebagai murid tarekat dari tarekat yang dianut pentalqin.

Dengan demikian, pada talqin dzikir yang dilakukan oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani q.s. Gus Dur telah resmi menjadi pengikut tarekatnya.

Setelah kembali ke Indonesia, Gus Dur berkesempatan untuk silaturrahim ke Syekh Shohibul Wafa Tajul Arifin q.s. yang akrab dipanggil Abah Anom, Mursyid Tarekat Qadiriyiah Naqsyabandiyah (TQN) Suryalaya.

Gus Dur minta untuk ditalqin oleh Abah Anom, tetapi Abah Anom mengatakan bahwa Gus Dur tidak perlu ditalqin lagi karena sudah ditalqin oleh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani q.s. Cerita ini populer di kalangan murid TQN Suryalaya, baik yang langsung menyaksikan peristiwa ini ataupun tidak.

Demikianlah Gus Dur, sosok yang telah mengetahui bahwa seorang muslim haruslah bertarekat, menempuh suluk dengan berguru kepada guru-guru rohani, baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat. Terlebih bagi seseorang yang mempunyai posisi penting dan diamanahkan untuk memimpin umat dan bangsa ini seperti dirinya.

Gus Dur sudah sampai pada maqam yang membuktikan bahwa orang-orang shalih, para syuhada, para kekasih Allah, mereka tidak mati; yang mati hanya jasadnya, tetapi ruhnya tetap hidup. Hanya kepada orang-orang yang memiliki akhlak dan kecintaan kepada para kekasih Allah inilah, mereka dapat saling berkomunikasi dan memberikan ilmu, bimbingan dan nasehat. Maka inilah yang harusnya ditiru oleh umat Islam, khususnya para pemimpinnya.

Sumber:Muslimoderat.com


19 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

19 Responses to "Abah Anom:" Gus Dur Ditalqin Langsung Oleh Syekh Abdul Qadir Jilany",Ini Ceritanya !!"

  1. Semoga saya diaku sebagai murid Tuan Syekh Abdul Qodir AlJaelani QS hingga silsilah berikut'a dan sampai kepada Abah Sepuh QS *Silsilah ke 36*(Ayahanda Abah Anom Qs),Abah Anom QS *Silsilah ke 37*, dan kini diteruskan oleh Abah Aos QS *Silsilah ke 38*(Murid Abah Anom qs). Amin..amin..amin 38x

    ReplyDelete
  2. Subkhanallah wabikhamdihi subkhanallah hiladhim wabi khamdih..

    ReplyDelete
  3. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad, wa ala alihi wa sahbihi wa sallam.

    ReplyDelete
  4. Subhanallah.. ditalqin langsung oleh syekh abdul qodirval jailani

    ReplyDelete
  5. YA Allah gabungkanlah aku dengan mereka

    ReplyDelete
  6. Risa haryadi , jng suka mencela orang yg belum tentu kou lebih baik drinya. Bagai manapun beliau pernah berjasa pd orang banyak dr pada kau lee,....

    ReplyDelete
  7. Risa Haryadi :
    Baksoo baksoo, itu suara abang bakso
    Esss esss,itu suara penjual ess
    Satee sateeee, itu suara penjual sate
    Kafirrr kafirr, itu suara orang kafir
    Bid'ah Bid'ahhh, itu suara ahli Bid'ah
    Taaaikk Taaiik, itu suara penjual Taik

    ReplyDelete
  8. Berbahagialah mereka yg belajar tarekat, walaupun itu masih dalam tingkat perjalanan

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Lahumul fatihah


    Santri-zamanakhir.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Risa haryadi; sabda Rasulullah, aku diutus Allah hanya untuk menyempurnakan akhlak yg mulia. Artinya nabi membawa agama islam dg akhlak yg mulia. Bilamana kita tak ber akhlak tentu kita tdk beragama, apalagi ngaku islam. Jadi kamu jgn ngaku islam kalo tdk punya akhlak dan moral..belajarlah jgn cuma 1 guru..!!!

    ReplyDelete
  12. Sebenarnya cerita seperti ini tidak wajib bagi seorang muslim untuk meyakininya... karena, masing2 orang memiliki tolok ukur dalam meyakini sesuatu...
    Jadi bagi yang tidak yakin sebaiknya tidak berkomentar yang menyulut permusuhan.. dan orang yang meyakini kebenaran cerita sebaiknya menggunakan dasar2 yang kuat...
    Semoga Alloh SWT memberikan hidayah kepada orang2 yang memohon hidayah kepada-Nya...

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini