Ketika Akan Tsunami, Gus Dur Sudah Tahu


GusDurFiles.com ~ Pada saat H. Sulaiman berada di dalam Majid Agung Demak, ia mendapatkan telephon dari Gus Dur yang tiba-tiba menyuruhnya membuka Al-Qur’an. Gus Dur hanya menyuruhnya membuka Al-Qur’an dengan tanpa menyebutkan surat apa dan ayat berapa. Dan yang dibuka oleh H. sulaiman saat itu adalah surat Nuh yang berisi tentang kisah banjir besar yang menghabiskan umat nabi Nuh yang ingkar padanya.

H. Sulaiman pun bertanya kepada Gus Dur tentang makna itu, Gus Dur menjawab, “akan ada bencana besar yang akan menimpa Indonesia”. Gus Dur tidak menyebutkan secara detail bencana apa, kapan, dan dimana peristiwa itu akan teradi. H. Sulaiman hanya diam.

Kira-kira seminggu setelah itu -26 Desember 2004- bencana besar benar-benar terjadi. Tsunami yang dahsyat luar biasa menghancurkan pulau Aceh. Ratusan ribu orang meninggal dunia, sementara ratusan ribu lainnya yang selamat kehilangan keluarga dan harta benda. Indonesia dan beberapa negara yang terkena dampak tsunami diliputi duka yang mendalam. Bantuan pun datang dari segala penjuru dunia.

Setelah kejadian itu, H. Sulaiman kembali mendiskusikannya dengan Gus Dur. Gus Dur mengatakan bahwa ini adalah peringatan besar bagi bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Aceh.

Apabila kita renungkan, perkataan Gus Dur memang benar. Di Aceh, telah bertahun-tahun terjadi konflik antar saudara. Ada sekelompok orang yang membuat gerakan separatis, ingin memisahkan diri dari NKRI hingga menyebabkan ribuan korban berjatuhan.

Upaya perdamaian telah berkali-kali ditempuh, namun kesepakatan belum juga tercapai. Dan setelah terjadinya tsunami, alhamdulillah perdamaian bisa terwujud hingga saat ini. Semoga perdamaian Bangsa Indonesia tetap terjalin selamanya. Amiin.

Sumber : Embunhati.com
5 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

5 Responses to "Ketika Akan Tsunami, Gus Dur Sudah Tahu"

  1. Weruh sakdurunge winarah, itulah gus dur. Tidak hanya alim agama tapi juga al allamah.

    ReplyDelete
  2. diambil hikmahnya....salam gusdurian

    ReplyDelete
  3. Subhanallah, khususon ila ruuhi si mbah gus dur alfatihah....

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini