Kiai Hasyim Menolak Muktamar & NU Tandingan


GusDurFiles.com ~ JOMBANG —  Sejumlah kiai dan utusan resmi Muktamar ke-33 NU berkumpul di Pesantren Tebuireng. Mereka mendengar arahan dari KH Hasyim Muzadi terkait perkembangan muktamar.

Di hadapan pendukungnya, Kiai Hasyim menyarankan agar para kiai  tidak menggelar muktamar tandingan, terlebih lagi membentuk NU tandingan karena akan membelah NU dan sulit untuk diperbaiki.

“Jangan buat muktamar tandingan, NU tandingan. Itu akan merusak NU sehingga sulit dibenahi,” kata Kiai Hasyim kepada ratusan PWNU dan PCNU yang menggelar rapat di Pesantren Tebuireng, Rabu, (5/8/2015) malam.

Mengutip kaidah ushul fiqh yang mengiigatkan bahwa menghindari kerusakan harus lebih didahulukan daripada mengejar kebaikan, maka Kiai Hasyim mempersilakan kepada muktamirin untuk berfikir yang terbaik untuk NU.

Pada kesempatan tersebut Kiai Hasyim menolak keinginan PWNU dan PCNU untuk mencalonkannya sebagai rais aam melalui forum tersebut. Ia juga menegaskan agar forum itu tidak memilih rais aam.

“Sebaiknya jangan ada pemilihan rais aam. Kalau anda lakukan, itu membentur ulama lain. Saya tak mau berbenturan dengan ulama. Penyakitnya bukan ulama, tetapi kelompok yang merekayasa,” katanya yang didampingi KH Abdullah Syamsul Arifin, Ketua PCNU Jember Jawa Timur.

Hasyim mempersilakan jika forum itu mengkritisi atau mengoreksi Muktamar NU ke-33, namun tidak boleh menjadi muktamar tandingan.

“Silakan unek-unek diungkap dan dibahas di sini, tapi jangan bikin muktamar apalagi NU tandingan,” kata Hasyim sebelum meninggalkan ruangan rapat.

Pada pertemuan tersebut tampak mantan Katib Aam PBNU KH Malik Madani.

Dan dalam pantauan media ini, sejumlah kiai tidak beranjak dari Pesantren Tebuireng. Mereka seharusnya mengikuti sidang pleno pemilihan Rais Aam dan Ketua Umum PBNU untuk lima tahun mendatang. (s@if)

Sumber : muktamarnu.com
0 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 Response to "Kiai Hasyim Menolak Muktamar & NU Tandingan"

Post a Comment

close
Banner iklan disini