Disinilah, Presiden Jokowi dan Megawati kenang persahabatan dengan Gus Dur


GusDurFiles.com ~ JOMBANG — Setelah membuka Muktamar ke-33 NU semalam di Jombang Jawa Timur, Presiden Jokowi menyempatkan diri mengunjungi stand Wahid Institute, yayasan yang dipimpin oleh Yenny Wahid, putri Gus Dur.

Dalam stand kecil berukuran 3 x 3 meter tersebut, rombongan Presiden Jokowi yang didampingi ibu Negara Iriana dan Megawati Soekarnoputri atau mbak Mega serta putrinya Puan Maharani menyaksikan foto dan kutipan Gus Dur yang dipajang di dalam stand tersebut.

Bahkan saat itu Mbak Mega sempat bertanya dan menunjuk foto Gus Dur sewaktu muda. “Umur berapa itu, mas Dur?” “Itu waktu lagi sering rendeng-rendeng (jalan bareng) dengan Mbak Mega,” jawab Yenny, sapaan akrabnya, Sabtu (1/8/2015) malam.

Mbak Mega pun tersenyum simpul mendengarnya. Presiden Jokowi pun ikut tersenyum atas penjelasan tersebut.

Presiden Jokowi lalu menanyakan soal prangko Gus Dur yang juga dipajang di stand tersebut. Yenny menjelaskan bahwa dalam rangka muktamar, PT POS telah meluncurkan prangko khusus bergambar Presiden RI ke 4 sekaligus mantan Ketua Umum PBNU selama 3 periode tersebut.

Dalam kesempatan berbeda, Yenny menandaskan bahwa dibukanya stand tersebut selama muktamar sebagai sarana mengobat rindu kepada Gus Dur.

Yenny juga mengemukakan bahwa kehadiran stand Wahid Institute di arena muktamar sebagai bagian dari upaya memeriahkan gawe besar lima tahunan di NU tersebut. “Ini juga sebagai kesempatan untuk mengenalkan agenda yang telah dilakukan kami selama ini,” terangnya.

The Wahid Institute, sebagaimana disampaikan Yenny, telah melakukan pemberdayaan di akar rumput. “Utamanya dalam mengembangkan ekonomi bagi komunitas masyarakat bawah,” ungkapnya. Namun sementara yang bisa dilakukan adalah di sekitar Jakarta, yakni DKI, Depok dan Bogor, lanjutnya.

Karenanya, untuk jangka panjang, pemberdayaan ekonomi serupa akan dilakukan di Jawa Timur. “Karena kami sadar bahwa basis jamaah di propinsi ini (Jatim, red) sangat besar,” ungkapnya.

Lewat stan yang ada, Wahid Instutue membuka kesempatan kepada banyak kalangan untuk bisa bekerjasama dalam mengembangkan agenda dari lembaga yang dipimpinnya.

Di stand ini juga disediakan permainan bagi anak-anak berupa monopoli dan ular tangga yang membawa pesan bagi tersebarnya nilai Pancasila. “Karena lewat permainan, maka nilai luhur itu bisa lebih mudah diserap anak-anak,” pungkasnya. (s@if)

Sumber : muktamarnu.com
1 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 Response to "Disinilah, Presiden Jokowi dan Megawati kenang persahabatan dengan Gus Dur"

close
Banner iklan disini