Cerita Gus Dur Dapat Saweran 5 Ribu Rupiah


GusDurFiles.com ~ KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU mulai dari 1984 hingga 1999. Sebagai pucuk pimpinan NU, Gus Dur kerap kali bertemu dengan sejumlah tokoh-tokoh nasional seperti Megawati Soekarno Putri, Akbar Tanjung, Amin Rais dan beberapa tokoh lainnya. Terutama yang kontra dengan pemerintahan Orde Baru kala itu.

Ada cerita menarik ketika Gus Dur bersama Megawati melakukan konsolidasi pergerakan di Masjid Sunan Ampel, Surabaya pada 1994. Pada waktu itu, Gus Dur mendapatkankan 'salam tempel' berupa amplop berisi uang Rp5 Ribu.

Momentum ini direkam jelas melalui jepretan kamera Wahyudi Hari Widodo yang dipajang dalam Pameran foto di Rumah Beca MEP, Jombang. Menurut pria yang akrab disapa Dodo Hawe ini, jepretan tersebut adalah momentum langka karena tidak semua wartawan foto dapat momen itu.

"Waktu itu saya dapat momentum Gus Dur membuka amplop seraya berkata kepada Megawati. Mbak.. saya dapat amplop dari umat berapa isinya.. ehh ternyata Rp5 ribu. Gus Dur dan Mega sembari tertawa," cerita Dodo menirukan perkataan Gus Dur, Sabtu (1/8/2015).

Dodo mengaku, foto tersebut diambi sekira pukul 00.30 WIB. Saat itu, memang sejumlah wartawan banyak yang datang namun tidak kuat menunggu pertemuan tersebut. Pertemuan ini digelar secara tertutup di makam Sunan Ampel. Dodo mengaku tidak tahu apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Bahkan, setelah mengambil foto itu, Dodo mengaku terpereset hingga memancing perhatian Gus Dur.

"Usai mengambil foto saya terpereset. Gus Dur berkata lho lapo iku wartawan (Kenapa itu wartawan)," ujarnya.

Sumber : okezone.com
1 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

1 Response to "Cerita Gus Dur Dapat Saweran 5 Ribu Rupiah"

close
Banner iklan disini